Minggu, 26 April 2009

Meningkatkan SR dengan pendederan

Udang galah merupakan salah satu udang air tawar yang sangat digemari oleh masyarakat. Coba saja lihat banyaknya rumah makan dan gubug makan yang menawarkan menu udang galah sebagai menu utamanya.

Usaha udang galah dibudidayakan dengan kepadatan yang tidak terlalu tinggi karena sifatnya yang hidup didasar perairan dan sifatnya yang kanibal yaitu suka memakan temannya sendiri apabila sedang moulting (ganti kulit). Udang galah bersifat nocturnal, yaitu binatang yang aktif bergerak dan mencari makan di malam hari. Pada siang hari udang lebih suka bersembunyi diantara ranting dan dahan yang ada di dasar perairan.

Salah satu usaha yang dapat meningkatkan pendapatan petani udang galah adalah dengan melakukan pendederan. Pendederan adalah usaha membudidayakan udang dari ukuran benih sampai ukuran tokolan dengan masa pemeliharaan selama ± 2 bulan.

Kepadatan yang dianjurkan dalam kegiatan pendederan udang galah adalah 500 ekor/m2. Untuk mendukung kepadatan yang tinggi tersebut diperlukan substrat sebagai tempat perlindungan. Pada pemanenan usaha pendederan dilakukan pemisahan udang antara udang yang sudah besar dan udang yang masih kecil sehingga didapat udang yang seragam. Pemeliharaan dengan ukuran udang yang seragam dapat memperpendek waktu pemeliharaan dan juga pertumbuhan udang lebih optimal.

Udang tokolan yang seragam dipelihara lagi selama ± 4 bulan. Kepadatan dalam kegiatan pembesaran udang galah ditentukan oleh ukuran panen dan lama pemeliharaan yang diinginkan. Secara umum untuk mendapatkan ukuran 25 – 30 ekor/kg dengan masa pemeliharaan 5 bulan, padat tebar sekitar 10 ekor/m2 untuk tokolan berumur 4 minggu (> 0,1 g).

Berdasarkan pengalaman dari petani udang galah di daerah Karang Asem, Bali. Dengan system pendederan maka udang galah memiliki survival rate (SR) yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan pemeliharaan secara tradisional. Pemanenan juga dapat dipersingkat karena benih yang dipelihara seragam.

Untuk mendapatkan benih udang galah yang berkualitas silahkan menghubungi :

Suprayitno : 081335579871; 081916268650

Tidak ada komentar:

Posting Komentar